Notifikasi

Profesi Digital Marketing Sedang Populer

Loker Candil Kuya - Memulai karier sebagai seorang digital marketing merupakan keputusan yang tepat. Seiring berkembangnya teknologi, permintaan perusahaan dari berbagai industri sangat besar untuk posisi digital marketing. Digital Marketing merupakan bagian dari tim pemasaran di perusahaan. Mereka bertugas untuk menarik, meningkatkan dan memelihara hubungan dengan pelanggan atau konsumen melalui media digital. 

Klik 2x untuk menuju link

Profesi di Bidang Digital Marketing Populer Saat Ini

Ada banyak profesi untuk berkarir sebagai digital marketing yang memiliki tugas dan tanggung jawab berbeda. Masing-masing bagian dari digital marketing tersebut bervariasi dalam keterampilan yang dibutuhkan, bakat, keterampilan dan kualifikasi. Berikut ulasan macam-macam profesi digital marketing yang bisa kamu coba sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.  

Digital Marketer

Digital Marketer merupakan orang yang bekerja secara strategis dalam bagian pemasaran untuk mengarahkan anggota tim. Digital marketer bertugas untuk pemasaran produk dan branding produk di perusahaan yang akan menjangkau dan menarik bagi masyarakat melalui sarana media digital, merencanakan content apa saja yang perlu dibuat untuk optimalisasi marketplace. Dalam pekerjaannya, digital marketer bekerjasama dengan tim pemasaran untuk membuat jalur marketplace menjadi jalur penjualan yang menguntungkan. Konten pemasaran harus tetap up-to-date agar pesan yang disampaikan sesuai target pasar sehingga harus bekerja sama dengan SEO untuk mencapai target pemasaran yang meningkat.

SEO dan SEM

SEO (Search Engine Optimization) dan SEM  (Search Engine Marketing) merupakan posisi yang sangat penting dalam tim pemasaran digital. Sebagian besar perusahaan membutuhkan orang-orang dengan keahlian ini untuk menghasilkan ide baru setiap saat agar mampu bersaing dengan kompetitor. 

SEO bertugas untuk mengoptimalkan website perusahaan di bagian atas mesin pencari. Sedangkan SEM merupakan strategi pemasaran yang bertujuan agar situs dari perusahaan menempati bagian atas dalam pencarian.

Permintaan akan spesialis SEO dan SEM akan terus meningkat di dunia kerja.Keahlian yang harus dimiliki jika bekerja sebagai SEO dan SEM yaitu mampu menguasai teknik SEO, Periklanan Online, Tool Analytics, Tag Analysis, Keyword Research dan Landing Page. 

Content Writer

Salah satu bagian tim pemasaran yang menentukan berhasil tidaknya strategi pemasaran yaitu content writer. Content Writer bertugas untuk membuat Ide Materi berupa tulisan yang mampu mengajak target pasar untuk tertarik dengan produk yang ditawarkan. Sebagai content writer harus mempelajari dan mencari apa kebutuhan dan keinginan pasar agar pesan yang disampaikan mencapai targetnya.

Sosial Media Marketing 

Sosial Media Marketing merupakan strategi pemasaran yang diterapkan dalam perusahaan dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran tersebut kepada target pasar yang sesuai. Bentuk pesan tersebut disampaikan melalui media seperti iklan, branding, pemasaran langsung yang disebarkan melalui media digital. Keahlian yang harus dimiliki  jika bekerja pada bidang ini adalah memahami dan mampu mengelola iklan melalui media sosial. 

UI/UX Designer 

UI/UX Designer merupakan pekerjaan digital marketing yang bertanggung jawab atas pengembangan situs web dan aplikasi perusahaan. Tidak mudah bekerja pada bidang ini karena harus memahami situs web dari keseluruhan pengalaman pemasaran, sehingga untuk mendapatkan hasil yang baik, memerlukan pemahaman target pasar yang ingin dituju dan pengetahuan mendalam tentang produk atau layanan. Kualifikasi yang harus dimiliki untuk menjadi UI/UX Designer yaitu menguasai software design seperti Adobe Illustrator, kemudian mampu menganalisa kompetitor, visual communication, wireframing dan prototyping.

Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Tautan berhasil disalin.